Saturday, March 10, 2018

Masker buah yang efektif

Salah satu bagian dari kosmetik untuk perawatan kecantikan adalah masker wajah. Sejarah masker wajah di Indonesia  diperkenalkan oleh para leluhur di masing-masing wilayah. Dan pada umumnya masker wajah yang dibuat oleh para leluhur berbasis tepung beras merah atau tepatnya beras merah yang ditumbuk. Basis masker tersebut manfaatnya untuk mendinginkan kulit sehingga kulit menjadi segar (Astringent) dan sebagai tambahan nutrisi kulit.Basis tersebut di formulasikan dengan  bahan alami dari campuran berbagai rempah,buah dan tumbuhan lainnya.

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi resep cara membuat masker wajah yang aman serta memiliki efektifitas melebihi masker buatan pabrik kosmetik. Namun sebelumnya saya akan sedikit memaparkan masing-masing fungsi bahan bakunya. Adapun bahan baku yang akan digunakan berasal dari buah dan tumbuhan, berikut bahannya :

1. Tepung Beras Merah
2. Buah Mengkudu/Pace
3. Lidah Buaya
4. Tomat

Fungsi masing-masing bahan baku :
1.Tepung beras seperti penjelasan sebelumnya, berfungsi sebagai pendingin kulit wajah yang memberikan efek menyegarkan. Beras merah memiliki kandungan vitamin B, khususnya vitamin B3 yang baik bagi kesehatan kulit wajah.

2. Buah Mengkudu adalah buah yang kaya nutrisi bagi kesehatan tubuh dan kulit manusia.Senyawa yang terkandung didalamnya diantaranya adalah Proxeronine yaitu sebuah enzym anti peradangan yang memiliki kekuatan untuk mengembalikan kondisi kulit menjadi lebih muda serta menyehatkan kulit wajah. Buah mengkudu juga mengandung asam askorbat atau lebih dikenal sebagai vitamin C. Vitamin C pada buah Mengkudu dapat bekerja cepat dan sangat efektif pada kulit wajah.Dapat membuat kulit lebih elastis, lembut dan segar.

3. Lidah Buaya, Tumbuhan ini dikenal memiliki cell building properties yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada jaringan sel kulit. Kandungan Allantoin yang alami dari lidah buaya sangat efektif memperbaiki kerusakan sel pada jaringan kulit. Vitamin C yang dikandungnya juga dapat menyegarkan kulit,melembutkan dan meningkatkan elastisitas. Lidah Buaya didalam ilmu formulasi yang saya kembangkan di laboratorium juga berfungsi sebagai active ingredient carrier sehingga bahan aktif dalam sebuah kosmetik bisa terserap oleh kulit. Maka dari itu setiap formula kosmetik harus diperhatikan keamanan bahan bakunya agar terserap aman dikulit.

4. Tomat mengandung Carotenoids yang disebut Lycopen. Lycopen adalah anti oksidan kuat yang dapat menjaga kulit dari paparan radikal bebas.Tomat juga mengandung carotenoids lainnya sperti Alpha-Carotene, Beta-Carotene, Gamma-Carotene dan Lutein serta matriks dari beberapa komponen bioaktif  lainnya seperti vitamin C, vitamin E dan flavonoids. Selain sebagai anti oksidan yang sangat kuat, tomat juga dapat menyehatkan kulit wajah serta memperbaiki peredaran darah di wajah.

Berikut cara pembuatan masker wajah yang aman dan baik :
1. Cuci beras merah secukupnya sekali saja dengan air matang lalu ganti airnya dan rendam selama 15 menit. Beras merah boleh diganti dengan beras putih. Khasiatnya hanya berbeda tipis namun beras merah sedikit  lebih baik daripada beras putih. Setelah selesai direndam lalu buang airnya dan ditumbuk, tidak harus lembut.

2. Buah Mengkudu / Pace 1 buah di iris-iris lalu diblender dijadikan juice. Saring airnya menggunakan kain putih bersih atau saringan santan yang halus. Simpan dalam gelas bersih.

3. Lidah Buaya 1 batang dikupas kulitnya lalu di blender. Boleh juga hanya diambil cairan kentalnya hingga 1 sendok makan dan campukan ke juice buah mengkudu.

4. Buah tomat ukuran besar yang segar di goreng atau boleh diseduh dengan air panas hingga layu kulitnya. Cara terbaik adalah dengan di goreng, hal ini dapat meningkatkan kadar Lycopen menjadi lebih tinggi. Setelah digoreng lalu angkat dan cuci dengan air bersih. Potong menjadi 2 dan buang bijinya kemudian di blender sebagai juice.

Tahapan mencampur bahan sebagai berikut :
Siapkan tepung beras yang sudah ditumbuk dan campurkan dengan campuran juice mengkudu + lidah buaya secukupnya lalu tambahkan dengan juice tomat secukupnya. Sisa bahan juice mengkudu, lidah buaya dan tomat bila masih ada disimpan kedalam lemari pendingin untuk dipakai di sore hari atau malam hari.

Cara pemakaian, Bersih kulit wajah dengan air bersih lalu keringkan. Pakailah masker tersebut secara merata hingga ke bagian belakang telinga dan leher agar hasilnya merata dan tidak hanya di wajah saja. Lalu diamkan selama 30 menit. Agar tidak repot sebaiknya anda membuat stock lalu menyimpannya di lemari pendingin. Tapi ada syarat yang sangat penting yaitu, Lidah Buaya dan tepung beras tidak boleh di stock untuk esok hari. Jadi hanya juice mengkudu dan tomat saja yang boleh di stock/simpan hingga ke esokan harinya. Tepung beras dan lidah buaya sangat mudah teroksidasi sehingga pemakaiannya harus pada harti yang sama.

healthy_logo
Healthy skin with healthy fruits by. Atauruz
Catatan tambahan, Tomat boleh diganti dengan buah alpukat. Khasiatnya sama baik tetapi buah alpukat memiliki kelebihan lainnya yaitu sebagai anti aging sehingga mampu bekerja sebagai penghambat penuaan dini.

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Chinese (Traditional)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianItalianRussianSpanish

Protected by. DMCA

Categories

Ticket & Hotels

banner


PR Checker

www.PRchecker.info

Blogging Fusion

Blogging Fusion Blog Directory