Monday, March 26, 2018

Mengobati osteoporosis dan nyeri sendi

Tulang adalah bagian dari tubuh yang berfungsi sebagai kerangka penyusun struktur tubuh, peyangga beban dan pelindung organ dalam (internal). Meskipun bersifat pasif, tulang termasuk bagian vital yang membantu kinerja otot yang dikendalikan oleh otak dalam menyangga beban tubuh agar pergerakan tubuh stabil. Karenanya kesehatan tulang bagi manusia sangat penting untuk dijaga.

Faktor degradasi akibat pertambahan usia dapat menurunkan kekuatan tulang. Degradasi yang memicu kekuatan tulang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah melambatnya metabolisme tubuh. Lambatnya metabolisme tubuh membuat nutrisi dari sumber makanan menjadi lambat di absorbsi (di serap) oleh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan tidak optimalnya distribusi nutrient ke seluruh bagian tubuh termasuk tulang. Akibatnya tulang mengalami defisiensi nutrisi sehingga mengalami kerapuhan. Masalah pada kesehatan tulang yang menggangu aktifitas keseharian bukan hanya akibat defisiensi kalsium namun bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya seperti berkurangnya cairan (Sinovial) pada ligamen (Connective Tissue). Jaringan penghubung tulang mengalami defisiensi kolagen dapat menyebabkan friksi pada joint (Tulang sendi) sehingga terasa sakit.

Untuk mengatasi masalah defisiensi kalsium dan nyeri pada persendian, umumnya dengan cara mengkonsumsi suplemen berupa vitamin, mineral, bahan nutrisi lainnya dan susu. Namun masalah yang kadang terjadi adalah tidak semua masyarakat memiliki kemampuan membeli semua itu. Disamping itu juga ada masyarakat yang tidak mampu menjangkau apotik, puskesmas atau rumah sakit dikarenakan mereka tinggal di daerah terpencil.
Dengan harapan yang memiliki akses internet dapat berbagi informasi kepada mereka secara langsung atau dari mulut ke mulut, maka dalam kesempatan ini saya ingin berbagi informasi mengenai cara mengatasi masalah tulang dan persendian. Dan agar bahan-bahan yang akan digunakan mudah ditemukan, saya sengaja menyajikan bahan baku yang sangat mudah dicari di wilayah tanah air. Berikut bahan beserta khasiatnya :

1. Resep pertama :
Daun Suruhan, Suruh atau Sesuruhan
Daun Suruhan dikenal dengan nama latin Peperomia Pellucida atau dalam bahasa China disebut dengan nama Cao Hu Jiao. Daun Suruhan seringkali disebut sebagai Food Medicine yaitu makanan yang memiliki daya penyembuhan. Tanaman ini sangat mudah dijumpai di seluruh wilayah di Indonesia. Bagian yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah seluruh tanaman. Sejumlah riset menyebutkan bahwa daun suruhan memiliki senyawa aktif berupa essential oil dengan Apiole sebagai senyawa utama dan beberapa flavonoids serta ada lima komponen bioaktif baru yang terdiri dari : Dua secolignans, dua tetrahydrofuran lignans dan satu methoxylated dihydronaphthalenone yang berkadar tinggi. Mineral yang terkandung pada tanaman suruhan adalah kalsium, fosfor, magnesium, sodium and potassium. Pada kasus tulang rapuh dan patah tulang, daun suruhan dapat meningkatkan kepadatan masa tulang sekaligus memiliki efek meredakan rasa nyeri. Cara membuat resepnya sebagai berikut :

- Daun suruhan setinggi 20 cm direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi ½ gelas untuk diminum pagi dan sore selama 14 hari.

Daun suruhan memiliki banyak manfaat seperti pengobatan mata, diare, rematik dan sebagainya. Namun saya akan  ulas tersendiri agar tidak membingungkan. Kali ini resepnya spesifik untuk pengobatan tulang dan persendian.

2. Resep kedua :
Daun Kenikir atau dikenal dengan nama latin Cosmos caudatus adalah tanaman yang di Indonesia sering digunakan sebagai sayur, khususnya urapan. Saat dibuat menjadi urapan rasanya sangat lezat dan wangi. Daun kenikir mengandung Vitamin B1, Vitamin B2, vitamin C, vitamin E, asam folat, β-karoten, dan lycopene  (Anti Oksidan) serta mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, magnesium, besi,  seng, natrium, dan tembaga. Kenikir juga mengandung kadar fenol yang tinggi sebagai anti bakteri yang efektif. Kadar vitamin c yang tinggi juga memiliki khasiat meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting bagi sintesa sinovial pada persendian. Daun kenikir sebagai obat nyeri dapat membantu meredakan nyeri pada persendian, khasiatnya setara dengan obat farmasi yaitu sodium diclofenac / natrium diclofenac.

Sebagai penyembuhan tulang rapuh atau osteoporosis , daun kenikir yang memiliki komponen pembentuk tulang utama yaitu mineral alami berupa kalsium, fosfor dan magnesium sangat efektif. Dalam pemakaian 8 minggu dapat meningkatkan volume osteoid dan meningkatkan aktivitas osteoblas yang merangsang pembentukan tulang. Cara membuat resepnya :

- Dijadikan lalapan atau urap sebanyak 30 gram sekali makan untuk pagi dan malam.
- Atau bisa juga direbus dengan air sebanyak 30 gram dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Diminum ½ gelas pagi hari dan ½ malam hari.

Mengobati osteoporosis dan nyeri sendi
Daun Suruhan 
Catatan :
- Konsultasikan kesehatan tulang anda pada dokter.
- Bila sulit mencari dokter karena di wilayah terpencil, gunakan resep di atas sesuai dengan petunjuk



Share:

0 Comments:

Post a Comment

Chinese (Traditional)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianItalianRussianSpanish

Protected by. DMCA

Categories

Ticket & Hotels

banner


PR Checker

www.PRchecker.info

Blogging Fusion

Blogging Fusion Blog Directory