Saturday, April 08, 2017

Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus (DM) adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kegagalan kelenjar pankreas dalam memproduksi insulin.Diabetes Mellitus ada 2 jenis yaitu: Type 1 dan Type 2
DM termasuk golongan penyakit yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai gangguan pada organ tumbuh sehingga menimbulkan berkembangnya komplikasi penyakit lainnya seperti : Hypertensi,Stroke,Jantung,Glukoma,Gagal ginjal,Impotensi,Paralysis,Inkontinen dan juga insomia.Berbagai penyakit komplikasi tersebut menimbulkan gejala-gejala atau efek yang akan mengganggu aktifitas juga seperti sering buang air kecil (Inkontinen) yang menyebabkan penderita menjadi insomnia,bila terluka akan sulit disembuhkan,tubuh lemas,tengkuk terasa pegal dan panas.
DM seringkali mengakibatkan komplikasi berupa penyakit ginjal umumnya akibat banyaknya penggunaan atau mengkonsumsi obat pada masa proses pengobatan.

Penanganan pada penderita diabetes mellitus harus ekstra hati-hati karena harus mempertimbangkan fungsi organ tubuh seperti liver dan ginjal.Penanganan yang tidak tepat akan menigkatkan resiko gangguan pada kedua organ tubuh tersebut dan organ lainnya.Bagaimana cara menangani atau mengobati penderita DM ini? Sebelum mengulas lebih lanjut mari kita cermati penggunaan bahan pengobatan yang tepat dan aman terlebih dahulu.Berikut ulasannya :

1. Alpha Lipoic Acid atau biasa disingkat ALA,adalah antioxydant yang sangat kuat yang diproduksi oleh tubuh namun dalam jumlah yang sedikit.Terdapat di setiap sel tubuh yang bekerja membantu metabolisme tubuh untuk mengubah gula menjadi energy.Jumlah yang sedikit didalam sel-sel tubuh akan terus berkurang ketika tubuh terpapar zat radikal bebas sehingga manusia membutuhkan ekstrinsik faktor berupa tambahan atau supplement untuk menambah kadarnya didalam tubuh.Berbeda dengan Alpha Linolenic Acid yang juga disingkat sebagai ALA,Ini adalah asam lemak omega-3.Beberapa sumber Alpha Lipoic Acid bisa ditemukan pada : Bayam,Tomat dan Broccoli.Dalam sebuah study mengenai dosis Alpha Lipoic Acid yang terbaik untuk Diabetes Mellitus dan neurophaty adalah 800mg yang terbagi menjadi beberapa kali minum,misalnya 200mg x 4 sehari.Umumnya sediaan tablet suplemen ini adalah 100mg.Dalam study lainnya suplement Alpha Lipoic Acid dapat menurunkan kadar vitamin B1 (Thiamine) pada tubuh namun belum ada study mengenai Alpha Lipoic Acid yang terkandung pada sayuran dan buah.Sehingga pasien DM disarankan untuk mengkonsumsi vitamin B1 bila minum Alpa Lipoic Acid.Atau pilihan terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung ALA tersebut.

2. MHCP  adalah Methyl Hydroxy Chalcone Polymer yaitu sebuah komponen aktif yang mengatur aktifitas insulin dan membuat sintesa glycogen.MHCP bekerja menurunkan kadar gula,triglyceride,total cholesterol dan LDL cholesterol.Sumber MHCP adalah Kayu Manis (Cinnamon) yang banyak sekali terdapat di Sumatera dan Indonesia adalah negara pengekspor Kayu Manis terbesar di dunia

3. Folate adalah derivatif tetrahydrofolate alami yang ditemukan dalam makanan yang dikenal sebagai vitamin B9.Bekerja dengan cara mengkonversi karbohidrat menjadi gula sebagai bahan energy tubuh.Sumber Folate terbesar adalah Buah Tin yaitu 6 ug/100 gram buah.Folate yang terkandung didalam buah tin jauh lebih baik dibandingkan folic acid yaitu sintesa teroksidasi yang tersedia di pasaran sebagai suplemen dan fortifikasi makanan.Selain alami juga dapat bersinergi dengan komponen phytonutrients,vitamin,mineral dan antioksidan lainnya.Phytonutrients yang terdapat pada buah tin sangat direkomendasikan bagi penderita DM yang mempunyai luka sulit untuk disembuhkan seperti Lutein dan Zeaxanthin

Cara mengobati DM yang aman yaitu dengan membuat juice,Berikut bahannya :

1. Tomat 2 buah ukuran sedang di juice tanpa tambahan gula.Phytonutrients yang akan dimanfaatkan adalah Alpha Lipoic Acid dan Carotenoids (Lycopene).Keduanya sama-sama antioksidan namun berbeda cara kerja.Alpha Lipoic Acid bekerja pada cairan tubuh dan jaringan lemak sedangkan Lycopene hanya bekerja pada cairan didalam tubuh.

2. Kayu Manis (Kulit Pohon) 10 gram digerus atau tumbuk hingga menjadikan bubuk atau bisa beli yang bubuk kayu manis.Phytochemical yang akan dimanfaatkan adalah MHCP.

3. Buah Tin (Fig) ambil daging buah beserta bijinya sebanyak 100 gram - 120 gram.Vitamin yang akan dimanfaatkan adalah Folate yang kandungannya tinggi yaitu 6 ug/100 gr buah,vitamin A,E,C,K,B-komplek,Chlorogenic Acid dan lutein.Chlorogenic Acid juga berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah.Caranya :

Campur semua bahan lalu diblender tanpa tambahan air dan tanpa gula.Minumlah sehari 2X yaitu 1 jam sebelum sarapan atau sebelum beraktifitas dan setelah makan malam (Tanpa jeda waktu).
Catatan :
- Kurangi konsumsi gula dan garam
- Atur porsi nasi dan jangan berlebihan
- Berhenti merokok karena merokok dapat menyebabkan defisiensi vitamin B terutama vitamin B1
- Bila anda peminum kopi maka buatlah kopi tanpa gula dan gunakan cangkir kecil
- Konsumsilah sayur

Bahan sayuran yang penting untuk dikonsumsi :
- Bayam
- Broccoli
- Pare

Kesehatan adalah harta yang sesungguhnya.Tanpa kesehatan maka tak ada yang bisa dihasilkan

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Chinese (Traditional)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianItalianRussianSpanish

Protected by. DMCA

Categories

Ticket & Hotels

banner


PR Checker

www.PRchecker.info

Blogging Fusion

Blogging Fusion Blog Directory