Thursday, March 29, 2018

Lotion pemutih kulit alami

Warna dasar atau pigmen pada kulit manusia terbentuk sejak lahir dan pigmen tersebut bersifat permanen. Perubahan kecerahan pada kulit wajah tidak akan merubah warna dasar kulit karena perubahan yang terjadi bersifat di permukaan. Hal ini yang menjadi dasar acuan bagi para peneliti perawatan kulit dalam menggunakan istilah pencerah kulit. Dalam ilmu formulasi kosmetika tidak dikenal istilah pemutih kulit karena pigmen pada kulit adalah warna dasar bawaan sejak lahir. Namun istilah pencerah kulit lebih sering digunakan oleh para formulator kosmetik.

Hiperpigmentasi atau kelebihan zat warna pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya, faktor genetik, paparan sinar matahari (UV Light), bertambahnya usia,penyakit dan zat kontaminan. Untuk mengembalikan kondisi kulit menjadi normal maka diperlukan perawatan bisa berupa secara internal (intake), parenteral dan eksternal (Topikal). Perawatan secara internal melalui konsumsi vitamin, mineral dan suplemen lainnya. Sedangkan metoda secara parenteral adalah berupa injeksi, misalnya suntik vitamin C, vitamin E dan Kolagen. Dan secara eksternal atau topikal berupa pemakaian kosmetik dalam bentuk krim, lotion atau cairan (Liquid).

Pada kesempatan ini saya akan sharing aplikasi secara topikal atau yang biasa disebut kosmetik. Sebelum membahas mengenai kosmetik alami, saya akan menjelaskan bahan-bahan pencerah kulit yang di gunakan pada kosmetik dalam industri kecantikan sebagai berikut :

1. Hydroquinone
Hydroquinone adalah bahan kimia tertua yang digunakan untuk aplikasi kosmetik. Sebuah komponen aromatik organik dari tipe phenol yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit atau biasa disebut pemutih kulit. Lebih spesifik untuk mengatasi Chloasma / Melasma (Bercak Hitam) dan Freckless ( Bintik hitam atau kecoklatan). Bahan kimia ini sudah ketingalan jaman dan memiliki efek samping berbahaya. Beberapa diantaranya dapat menyebabkan penyakit kulit langka yaitu okronosis yang ditandai dengan pigmentasi berbintik hitam. Efek tidak terjadi secara cepat tetapi perlahan hingga tahunan. Lalu juga dapat menyebabkan kulit ruam merah (Skin Rash) pada penggunaan jangka panjang. Hydroquinone sudah dilarang di Inggris dan Jepang.

2. Kojic Acid
Kojic Acid adalah bahan yang bersumber dari hasil fermentasi beras. Bahan ini di Jepang di olah dari pembuatan minuman sake yang menghasilkan beras fermentasi. Beras yang sudah di fermentasi kemudian di proses melalui pengeringan dan powderisasi. Pada era tahun 1990 saya menggunakan Kojic Acid untuk membuat kosmetik berupa krim pemutih kulit dan lotion anti selulit. Bahan bakunya di import dari Nikkol - Jepang dengan harga yang mahal pada saat itu. Kojic Acid sangat efektif untuk mencerahkan kulit tetapi bila salah dalam membuat formulasinya maka akan menyebabkan kulit wajah berjerawat. Sehingga dibuatlah 2 formulasi yaitu untuk kulit wajah dan kulit tubuh karena penggunaan pada kulit tubuh seperti perut, kaki, leher dan tangan aman.

3. Retinoic Acid / Tretinoic Acid
Retinoic Acid adalah pencerah dan obat jerawat yang terbuat dari asam vitamin A. Bersifat keratolitik (Ceratolytic) yaitu pengelupasan kulit untuk mengganti sel-sel kulit yang mati dan juga bersifat exfoliating yaitu melembutkan kulit. Namun perlu diperhatikan dosisnya karena krim yang menggunakan bahan retinoic acid/ tretinoic acid ini ada pilihan dosisnya seperti 0.025%, 0.2%, 0.5% hingga 1%. Efek samping penggunaan retinoic acid adalah skin rash (Kulit kemerahan), kulit mengelupas dan kulit kering. Untuk mencegah hal itu saya menambahkan dl-Alpha Tocopherol (Vitamin E), Collagen dan ekstrak lidah buaya.

4. Salicylic Acid
Salicylic Acid atau asam salisilate adalah lipophilic monohydroxybenzoic acid, tipe dari phenolic acid dan sebuah beta hydroxy acid. Penggunaannya untuk terapi jerawat, ketombe, psoriasis dan gatal-gatal. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan rasa terbakar pada kulit dan kemerahan. Bahan kimia ini adalah bahan kosmetik tertua kedua setelah hydroquinone yang telah digunakan ratusan tahun lalu.

pencerah kulit dan pemutih kulit alami
Girl in Leaves Autumn 





















Penjelasan tersebut diatas dapat digunakan untuk referensi dan pertimbangan anda sebelum memakai produk kosmetik. Selanjutnya kita akan membuat pemutih wajah berbahan alami yang sumber bahannya mudah dicari. Berikut daftar bahan pemutih wajah :

  1. Buah Strawberry
  2. Daun Mulberry (Daun Murbey)
  3. Kulit Buah Pear
  4. Bubuk Akar Manis
  5. Buah Anggur atau Biji Anggur
  6. Lidah Buaya
  7. Bunga Geranium
  8. Buah Mengkudu/ Buah Pace
  9. Bubuk Jinten
10. Tomat

Basis Lotion

Dari 10 bahan tersebut yang di jadikan basis adalah lidah buaya karena lidah buaya atau aloevera fungsinya sebagai carrier (pembawa) zat aktif bahan lainnya. Selain itu juga lidah buaya mengandung allantoin yang memiliki daya untuk memperbaiki kerusakan pada sel kulit yang sangat efektif serta aloesin sebagai penghambat produksi melanin.

Vitamins

Vitamin yang digunakan untuk mencerahkan, melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit adalah Strawberry dan buah mengkudu / pace.

Bahan Aktif

Bahan pencerah atau pemutih utamanya menggunakan bubuk akar manis atau bisa juga akar manis yang ditumbuk, daun mulberry (ditumbuk) diambil sarinya dan bubuk jinten.

Anti Oksidan dan Anti Bakteri

Untuk anti oksidannya menggunakan buah tomat yang diambil bagian buahnya saja (tanpa biji) dan kulit buah pear. Lalu untuk anti bakterinya menggunakan bunga geranium atau daun geranium namun disarankan bunganya. Komponen essential oil pada geranium memiliki daya anti bakteri berspektrum luas.

Catatan : Buah atau biji anggur dan kulit buah pear bila sulit didapatkan boleh di abaikan

Cara pembuatan :
  1. Buah Strawberry 2 buah
  2. Daun Mulberry (Daun Murbey) 15 gram
  3. Kulit Buah Pear 1 buah

  4. Buah Anggur atau Biji Anggur 4 buah
  5. Lidah Buaya 1 batang ukuran besar
  6. Bunga Geranium 1 kuntum
  7. Buah Mengkudu/ Buah Pace 1 buah matang
  8. Tomat 1 buah

Campurkan 8 bahan tersebut lalu di blender. Setelah halus campurkan 1 sendok teh bubuk akar manis dan 1 sendok teh bubuk jinten. Simpan bahan tersebut di kulkas dan gunakan secukupnya di pagi hari dan sore hari. Bila sudah habis bisa anda ulangi pembuatannya lagi dengan takaran yang sama. Sebelum menggunakan lotion tersebut cucilah wajah dengan air bersih tanpa sabun dan cucilah  tangan anda  sabun. Gunakan secara tipis keseluruh permukaan kulit secara merata.

Perhatian :
- Pada penggunaan pertama kali kulit mungkin akan terasa agak gatal ringan. Hal itu disebabkan oleh reaksi anti bakteri yang membunuh kuman dan penyerapan bahan aktif ke lapisan kulit.
- Bila anda mengalami alergi, buatlah lotion tersebut tanpa menggunakan lidah buaya.

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Chinese (Traditional)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianItalianRussianSpanish

Protected by. DMCA

Categories

Ticket & Hotels

banner


PR Checker

www.PRchecker.info

Blogging Fusion

Blogging Fusion Blog Directory